palu kota teluk: Presiden Datang, Sampah Segera Diangkut Semua

Sabtu, 09 Agustus 2008

Presiden Datang, Sampah Segera Diangkut Semua

PALU- Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Palu, Bobi Wowor, Ahad (3/8) mengatakan, menjelang kedatangan presiden ini. Sampah yang masih memenuhi tempat pembuangan akan segera diangkut ke Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Kawatuna.
“Presiden mau datang tanggal lima ini. Jadi Semua harus diangkat itu,” katanya.
Demikian saat dimintai keterangan, soal menumpuknya sampah hampir disemua tempat pembuangan. Bahkan dibeberapa tempat sudah meluber hingga badan-badan jalan.
Saat ditanya kondisi ke 20 kendaraan pengangkut sampah, dalam kondisi rusak. Meski membantah pertanyaan tersebut, Bobi Wowor mengaku tidak mengetahui kondisi kendaraan pengangkut sampah sebenarnya.
“Saya kurang tahu itu. Soalnya yang tahu bagian operasional semua, masalah kondisi kendaraan itu, laporan yang masuk ke saya kemarin. Hanya satu unit kendaraan yang tidak bisa beroperasi” katanya.
Disinggung soal tumpukan sampah dibeberapa jalan wilayah Kecamatan Palu Barat. Bobi Wowor menegaskan akan segera mengangkat. “O ya, yang di Jalan Mangga itu. Besok (hari ini) saya perintahkan untuk diangkat itu,” tuturnya.
Bobi Wowor, membantah tudingan masyarakat. DLHK yang ia pimpin, lemah menangani sampah di Kota Palu. Ia beralasan produktivitas sampah masyarakat Kota Palu cukup tinggi. “Ini sampah kan, pagi diangkut sorenya sudah penuh lagi,” bantahnya.
Seorang pengguna Jalan Mangga, Muhammad Ilyas, kepada Media Alkhairaat mengatakan, tumpukan sampah yang sudah memakan hingga separoh badan jalan tersebut. Jika berpapasan dengan pengendara lain, sangat menganggu dan berbahaya.
“Inikan bahaya, sampahnya sudah sampai setengah badan jalan. Kalau ketemu kendaraan lain, mana aspal sudah rusak lagi. Sepertinya satu bulan sekali baru diangkut,” keluhnya. (joko)

Tidak ada komentar: