palu kota teluk: Pedagang Buah Akan Dipusatkan di Pantai Talise

Sabtu, 09 Agustus 2008

Pedagang Buah Akan Dipusatkan di Pantai Talise

PALU – Seluruh pedagang buah di Kota Palu akan dipusatkan penempatannya di Pantai Talise di Jalan Komodo Kelurahan Talise Palu Timur. Pemusatan ini bertujuan untuk penertiban dalam rangka penataan fungsi ruang.
Kepala Bagian (Kabag) Pengawasan Dinas Tata Kota Palu, Sumardi kepada Media Alkhairaat di ruang kerjanya, Rabu (6/8) mengatakan, pemusatan lokasi pedagang buah tersebut karena selama ini banyak bertebaran di berbagai jalan protokol di kota ini dan dinilai sudah mengganggu pengguna jalan dan keindahan kota. Seperti pedagang buah yang berada di Jalan Raden Saleh yang telah menggunakan trotoar sebagai tempat julan mereka.
''Tujuan pemusatan ini agar orang yang ingin beli buah. Baik warga kota maupun yang pengunjung, dapat langsung menuju ke sana,'' ujarnya.
Dia menyebutkan, upaya pemusatan ini bukan langkah Pemkot untuk melarang pedagang buah yang berusaha mencari kehidupan di kota ini tetapi lebih pada langkah untuk menyatukan para pedagang buah itu ke satu tempat yang mudah dijangkau para pembeli.
''Pemkot tidak ingin hanya sekedar melarang pedagang berjualan. Tetapi untuk juga membantu untukmencari solusi terbaik demi keindahan kota ini. Makanya di lokasi Jalan Komodo, samping jembatan itu kami siapkan bagi pedagang buah,'' sebutnya.
Sementara itu Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan Pemkot Palu, Dharma Wangsa mengaku belum mengetahui rencana tersebut. ''Jika rencana itu merupakan usaha penertiban demi keindahan Kota Palu, saya sangat mendukung,'' kata Dharma. (joko)

Tidak ada komentar: