palu kota teluk: Walikota Minta Ekonomi Pro Rakyat

Jumat, 15 Agustus 2008

Walikota Minta Ekonomi Pro Rakyat

PALU - Walikota Palu Rusdy Mastura mengatakan, ekonomi kerakyatan bukan sekedar komitmen politik untuk mengubah kecenderungan sistem ekonomi yang membela kaum pengusaha besar menjadi ekonomi yang membela rakyat.
''Perubahan hendaknya dilaksanakan, dengan benar-benar memberi perhatian perhatian utama kepada rakyat kecil. Melalui program-program operasional yang nyata. Dan mampu merangsang kegiatan ekonomi produktif di tingkat rakyat sekaligus memupuk jiwa enterpreneurship (kewirausahaan),'' katanya, Selasa (12/8).
Hal itu diungkapkan Rusdy saat menutup program perluasan kesempatan dan pengembangan kesempatan kerja padat karya produktif dan infrastruktur di lokasi penggaraman Kelurahan Talise.
Menurut Rusdy, secara umum kemiskinan merupakan nasional. Akibat krisis ekonomi serta krisis sosial yang dialami bangsa Indonesia, tapi hal itu tidak boleh menjadi belenggu untuk menuju perubahan.
''Kemandirian masing-masing diri, untuk mau mengembangkan kemampuan dan menggalai potensi pribadi. Sehingga menjadi kreatif dan inovatif dalam menciptakan lapangan kerja sendiri. Pada akhirnya kita tidak tergantung pada ekonomi orang lain,'' harapnya.
Walikota juga berharap, masyarakat Petani Garam Talise bisa menjaga setiap bantuan dari pemerintah. Ia juga berharap masyarakat untuk menjaga dan melestarikan wilayah sepanjang pantai Teluk Palu sehingga dapat menajdi obyek wisata kebanggaan daerah ini.
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kependudukan dan Catatan Sipil (Nakerdukcapil) Kota Palu, Burhanudin Maragau mengatakan salah satu masalah serius secara nasional di negara kita adalah besarnya angka Ketenagakerjaan yang tinggi, tapi lapangan kerja terbatas. Akibatnya, penganggur semakin meningkat.
Ditambahkan lagi, rendahnya kemampuan dan tingkat pendidikan sebagian pengangguran tersebut. Sehingga menimbulkan berbagai gejala sosial berdampak terciptanya kondisi dan stabilitas dari pusat sampai ke daerah-daerah.
Menyahuti kondisi ini, pemerintah Kota Palu melalui Dinas Nakerdukcapil Kota Palu setiap tahun melakukan berbagai kegiatan penciptaan lapangan kerja berbasis Terapan Teknologi Tepat Guna, Program Padat Karya Produktif dan Pelatihan Tenaga Kerja Profesional serta penciptaan wirausaha baru.
Mencermati masalah tersebut diatas, fokus kegiatan Padat Karya Tahun Anggaran 2008 akan dilaksanakan Talise Palu Timur dengan diawali survei studi kelayakan dan potensi.
''Diharapkan hasil survei ini akan berdampak positif dan memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat. Lebih khususnya para petani penggaraman Talise,'' ucapnya. (joko)

Tidak ada komentar: