palu kota teluk: DLHK Butuh Tambahan Kontainer

Jumat, 15 Agustus 2008

DLHK Butuh Tambahan Kontainer

PALU - Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kota Palu, Dharma Wangsa, selaku Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palu, Selasa (12/8) mengatakan, selain pembenahan sistem administrasi di DLHK yang telah kebobolan dana opersional sebesar Rp1,3 miliar, saat ini dibutuhkan berbagai fasilitas untuk mengoptimalkan penanganan sampah. DLHK memerlukan berbagai fasilitas tambahan.
''Saya akan menganggarkan kontainer sampah terbuka dan amrol supaya masyarakat langsung membuang sampah ke dalam kontainer. Dengan begitu pengangkatan sampah dapat lebih efisien waktu dan tenaga,'' paparnya.
Menurut Dharma Wangsa, kendaraan pengangkut sampah dalam kondisi normal. Hal ini bertentangan dengan pernyataan Bobby Wowor. Yang sebelumnya selalu mengatakan dari 20 unit kendaraan pengangkut sampah yang ada, hanya empat unit dalam kondisi baik.
''Seluruh kendaraan dapat beroperasi dengan baik. Bahkan enam titik tumpukan sampah di wilayah Palu Barat. Sudah saya instruksikan untuk diangkut secepatnya,'' ujarnya.
Salah satu upaya, kata Dharma Wangsa, untuk mencegah pemalsuan laporan retase angkut sampah ditempatkan pengawas pada masing masing kendaraan. Secara umum ia mengaku belum ada kendala dalam penanganan sampah. ''Hanya soal bahan bakar saja yang memang beberapa hari ini agak sulit,'' katanya.
Kepada masyarakat, Dharma berharap untuk tidak membuang sampah sembarang tempat. Sehingga menyulitkan petugas kebersihan, saat hendak mengangkat.
''Inikan juga menunjukan kesadaran masyarakat masih rendah. Seharusnya ia membuang sampah di tempat sampah. Jadi saya berharap masyarakat untuk sama-sama mengerti,'' ujarnya.
Mohammad Rifai, warga Palu Barat mengeluhkan tumpukan sampah di Jalan Sungai Lariang. Sampah tersebut sudah lebih satu minggu tidak diangkut.
''Saya rasa kalau hanya warga di sini, tumpukan sampah tidak akan sepanjang ini. Saya lihat warga sekitar Jalan Sungai Lariang, di sini juga buang sampahnya,'' katanya. (joko)

Tidak ada komentar: